Konsep Dasar Desain Layout

April 04, 2013

Sebelum belajar InDesain, ada baiknya Anda memahami konsep-konsep dasar desain. Prinsipnya dasar sebuah desain terbentuk dengan adanya:

  • keseimbangan (balance),
  • harmoni,
  • kontras dan
  • variatif.

Konsep Dasar Desain Layout

Prinsip tersebut diatas umumnya berlaku juga pada semua pekerjaan kreatif termasuk pada desain layout. Konsep dasar dalam sebuah karya desain ini diperlukan sebelum memutusakan untuk membuat sebuah desain layout karena nantinya sebuah desain harus bisa dipertanggungjawabkan secara estetika.

Keseimbangan (balance)

Seperti halnya alam semesta yang tercipta dengan penuh keseimbangan, simetrisnya alur serat daun, sayap beraneka warna pada kupu-kupu, perpaduan lautan dan langit biru merupakan contoh keseimbangan dan harmonisasi yang ada di alam semesta. Keseimbangan juga berlaku secara matematis, misalnya berat suatu benda dengan benda yang lain akan seimbang jika mempunyai berat yang sama.

Dalam mendesain sebuah layout, perlu diperhatikan konsep keseimbangan ini, karena berpengaruh kepada estetika dan hasil akhir ketika sebuah desain dibuat. Jangan sampai desain layout yang telah kita buat tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Keseimbangan Simetris

harmoni dan keseimbangan Keseimbangan simetris atau formal mempunyai tata letak obyek yang sama, ditempatkan pada kedua sisi secara vertikal dalam sebuah halaman. Keseimbangan ini berkesan permanen dan stabil. Desain layout bergaya simetris ini menghasilkan kesan statis dan tenang. Namun, terkadang layout bergaya simetris terasa membosankan dan kaku. Biasanya desain layout seperti ini terdapat pada selebaran iklan yang menekankan pada isi produk berupa banyak text dan bisa diterima oleh masyarakat umum.

Kesimbangan Asimetris

Keseimbangan asimetris atau nonformal mempunyai tata letak yang tidak beraturan namun secara keseluruhan terdapat keseimbangan yang harmonis. Desain layout bergaya asimetris ini berkesan dinamis. Seorang desainer layout biasanya memilih desain bergaya asimetris untuk memanfaatkan ruang-ruang yang kosong dalam sebuah halaman.

Kontras pada Desain Layout

Disclaimer:
Fuji Hastuti | subscribe
Karena kau harus tahu, air mata dari seseorang yang tulus hatinya, justru adalah bukti
betapa kuat dan kokoh hidupnya

Delivered by Pembakar Umpan :D

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
0 Komentar

Terima kasih Anda telah mengunjungi Blog ini. Silahkan berkomentar sesuai topik