Perencanaan Sebuah Desain Layout

April 04, 2013

perencanaan-desain

Seperti yang telah diposting sebelumnya di Desain Layout dan InDesign, memahami sebuah layout tidak semudah memahami obyek gambar. Desain layout membutuhkan perencanaan, kreativitas dan keakuratan dalam menempatkan unsur-unsur pendukung sebuah desain. Penempatan gambar image, text dan illustrasi butuh perhatian khusus yang bisa membuat sebuah desain mempunyai nilai artistik dan daya tarik bagi penikmat sebuah desain.

Perkembangan teknologi komputer desktop yang begitu cepat, adakalanya sebagai user yang mengunakan software desain harus pula menyesuaikan kinerjanya untuk mencapai hasil maksimal. Bila diperhatikan arti dari konsep desain grafis yang menyatakan bahwa desain grafis merupakan proses artistik dalam mengkombinasikan dua unsur utama antara text dan gambar, aplikasi InDesain ini menjadi komponen utama dalam membuat sebuah desain layout.

 

Prinsip Desain

Secara umum sebenarnya ide dasar sebuah desain layout sangat sulit untuk diciptakan. Biasanya, ide yang muncul merupakan pengulangan atau perbaikan dari ide-ide sebelumnya. Namun, walaupun begitu seorang desainer layout dituntut untuk menguasai prinsip-prinsip dasar sebuah desain dan mampu menerapkannya.

Prinsip sebuah desain terkait dengan upaya membantu komunikasi dan keinginan customer dan desainer. Terkadang kenginan customer dan desainer bertolak belakang. Tapi bagaimanapun juga seorang desainer harus bisa menjebatani keinginan customer dengan produk yang ingin dipublikasikan. Setelah terjadi persetujuan, barulah didapatkan sebuah perencanaan dasar dan seorang desainer profesional akan bekerja sesuai dengan rasa dan keinginan pelanggannya.

Untuk mengembangkan sebuah desain terdapat tiga unsur visual yang harus diperhatikan :

  1. Mata Visual, sejauh mana unsur sebuah desain bisa menghasilkan sesuatu yang menarik, sehingga akan timbul ertanyaan, mengapa desain ini dapat memancing perhatian?
  2. Mata Kritis, sisi sebuah desain yang berakibat sebuah desain bisa menarik atau tidak atau bahkan mengapa desain tersebut justru tidak menarik sama sekali?
  3. Mata Analisis, Memilih bagian mana yang bisa menjadilan sebuah desain jadi lebih menarik.

Seaorang desainer juga dituntut mempunyai kualifikasi dasar sebagai berikut :

  • Visi, Kemampuan untuk melahirkan gagasan dan tujuan kreatif sebuah desain. Biasanya fokus pada tujuan sebuah desain, obyek desain, warna apa yang digunakan dalam pengembangan sebuah desain.
  • Imajinasi, Kemampuan untuk melahirkan ide-ide kreatif sebuah desain untuk kemudian mengembangkannya

Prinsip sebuah desain adalah sebuah keharusan bagaimana sebuah desain yang kreatif dan kaya akan ide bisa menunjang promosi sebuah produk yang diinginkan seorang customer. Hasil akihr sebuah desain harus mudah dipahami dan yang terpenting desain tersebut bisa menjadi sebuah image baru yang bisa membanggakan.

Emma Watson

Emma-Watson Emma-Watson-(1) Emma-Watson-(2) Emma-Watson-(3) Emma-Watson-(4) Emma-Watson-(5) Emma-Watson-(6) Emma-Watson-(7)

Disclaimer:
Fuji Hastuti | subscribe
Karena kau harus tahu, air mata dari seseorang yang tulus hatinya, justru adalah bukti
betapa kuat dan kokoh hidupnya

Delivered by Pembakar Umpan :D

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
0 Komentar

Terima kasih Anda telah mengunjungi Blog ini. Silahkan berkomentar sesuai topik